Jumat, 11 Mei 2012

Kisah Nabi : IDRIS AS


Idris (sekitar 4533-4188 SM) adalah salah seorang rasul yang pertama kali diberikan tugas untuk menyampaikan risalah kepada kaumnya. Ia diberikan hak kenabian oleh Allah setelah Adam
 
      Dikatakan bahwa Idris lahir dan tinggal di Babil, Iraq, untuk berdakwah kepada kaumnya yang bernama Bani Qabil dan Memphis. Sedangkan beberapa kisah menyebutkan, Idris lahir di daerah Munaf, Mesir. Namanya disebutkan sebanyak 2 kali dalam Al-Qur'an, Idris memiliki nama asli Akhnukh. Dinamakan Idris karena ia selalu mempelajari mushaf-mushaf yang diturunkan Allah Swt.Allah menurunkan tiga puluh shahifah( lembaran) yang berisi petunjuk dari Allah untuk disampaikan kepada umatnya. Ia juga dijulu, Idris adalah sebutan atau nama Arab bagi Akhnukh, nenek moyang Nuh."darasa" yang memiliki arti belajar. Ia dinamakan demikian karena ia banyak sekali mempelajari ilmu, dikatakan juga ia sebagai yang menjadi orang pertama yang menjahit pakaian dan mengenakan pakaian yang dijahit. Ia dianggap pula sebagai penemu tulisan dan alat tulisnya.
      Nabi idris tidak pernah lalai dalam beribadah kepada allah.Beliau juga orang yang sangat berani sehingga dijuluki “Asadul Usud” atau singa dari segala singa.nabi Idris sangat gagah dalam memerangi orang yang durhaka terhadap Allah.
      Allah telah memberikan kepada Nabi Idris derajat yang tinggi.Beliau diberi kesempatan untuk berkenalan dengan para Malaikat, dan bertemu langsung dengan malaikat Izrail,atau malaikat pencabut nyawa.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar